Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 01 Januari 2012

ISEL Dideklarasikan 17 Desember 2011

ENDE, FS – Wadah Ikatan Seniman Ende Lio (ISEL) akan dideklarasikan di Ende pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2011. Para seniman akan tampil dalam acara deklarasi yang direncanakan berlangsung sederhana namun meriah dan menghibur masyarakat.


Demikian hasil rapat pengurus dan anggota ISEL di kediaman Eman Bata Dede di Onekore- Ende, Minggu (4/12/2011) siang. “Kita sudah bisa sampaikan ke publik bahwa ISEL akan dideklarasikan 17 Desember 2011, memang sedikit meleset dari rencana semula tanggal 3 Desember,” kata Ketua ISEL, Hendrik L Rodja Chynde.

Hadir dalam rapat yang dijuga diisi dengan latihan para seniman menyambut deklarasi antara lain, Wakil Ketua ISEL, Eman Bata Dede, Sekretaris ISEL, Moses Wara, Humas ISEL, Aries Putra Lawa serta pengurus dan anggota lainnya. Para artis terkemuka Ende juga hadir dalam acara itu, seperti Mochtar Wanda, Jusuf Saokori, Karim Woge, Irmawan Laba, Imam, Bentom, Abdurahman dan lainnya.

Untuk menyukseskan acara deklarasi tersebut, anggota ISEL sepakat menyumbang materi sesuai kemampuan mereka masing-masing. Mereka juga tetap mengharapkan bantuan dari para donatur, baik dari pimpinan pemerintahan, DPRD serta warga masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap para seniman.

Setelah dideklarasikan, anggota ISEL berencana tampil menghibur masyarakat secara rutin setiap akhir pekan. Tempatnya di pekarangan Museum Tenun Ikat, Jalan Soekarno Ende. Menurut Ketua ISEL, Hendrik L Rodja Chynde, pemerintah Kabupaten Ende melalui pimpinan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) telah memberikan izin kepada ISEL untuk menggunakan tempat tersebut.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kabupaten Ende menyatakan mendukung penuh kepada seniman di Kabupaten Ende untuk membentuk wadah Ikatan Seniman Ende-Lio yang disingkat ISEL.

Kehadiran wadah tersebut mengembangkan potensi seni daerah yang sangat kaya dimiliki warga masyarakat Kabupaten Ende. Demikian Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepurbakalaan Disbupar Kabupaten Ende, Defi Daniel, S.H kepada FloresStar di kantornya, Senin (20/11/2011).

Daniel Defi mengatakan, deklarasi ISEL bulan Desember 2011 merupakan sinyal positif bagi berkembangnya potensi seni di Kabupaten Ende. Meskipun dana terbatas, kata Defi, pemerintah daerah melalui Disbupar merespon dan memberikan dukungan yang memadai.

Daniel Defi mengatakan, wadah ini sudah lama dirindukan kehadirannya karena di Kabupaten Ende banyak seniman dengan talentanya masing-masing. Tetapi sejauh ini mereka berjalan sendiri-sendiri sehingga talenta besar mereka kurang berkembang. Melalui organisasi ISEL diharapkan para seniman Ende Lio memberikan kontribusi konkrit bagi masyarakat pencinta seni.

Bagi pemerintah daerah, kata Defi, wadah ini akan membantu pemerintah dalam pembangunan bidang seni dan budaya daerah. Daniel Defi mengakui, Kabupaten Ende memiliki banyak seniman, baik perorangan maupun kelompok. (osi)

Sumber: Harian FloresStar 5 Desember 2011 hal 3

Tidak ada komentar: